screen saver,Kursor, judul berjalan

Jiraiya

Selasa, 07 Agustus 2012

Cara memilih Modem

Unknown | 22.52 | Akhir-akhir ini kebutuhan terhadap data sangat tinggi , berdasarkan pengakuan dari salah satu direktur penyedia layanan telekomunikasi mengatakan bahwa pemakaian internet masyarakat melambung sangat tinggi dibandingkan pemakaian SMS dan Telepon. Hal ini dikarenakan sudah sangat banyak sekali gadget yang mensupport internet dengan mudah. Dimana semua jenis Hp keluaran baru sudah dapat digunakan untuk berinternet ria. Harga modem yang sudah turun harga dan juga biaya pemakaian yang sangat murah perhari, maupun perbulannya.
Dahulu kala orang-orang masih menggunakan warnet untuk berinternet, tetapi sekarang hampir semua warnet bangkrut karena masyarakat sudah beralih menggunakan Modem untuk berinternet.
Keadaan ini dibaca oleh vendor pembuat modem , mereka kini bersaing untuk membuat modem yang berkualitas dan harga Terjangkau, sehingga pintar-pintarlah memilih modem yang akan kamu Gunakan.

Cara memilih Modem paling bagus dan berkualitas
Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu ketika ingin membeli sebuah modem. Saat ini ada 3 tipe modem yang ada di pasaran. yakni modem GSM, CDMA, dan EVDO diantara ketiganya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
1. Modem GSM
Modem GSM saat ini paling banyak Dijual di pasaran dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan Modem CDMA, Operator penyedia layanan biasanya menyediakan sistem Kuota ketika menggunakan Modem GSM, sehingga menggunakan modem jenis ini pada awalnya kita akan mendapatkan kecepatan akses internet yang sangat cepat, tetapi ketika jatah kuota internetnya telah habis maka Kecepatan internet juga akan di turunkan. Modem GSM Biasanya bekerja maksimal pada jaringan 3 G, sehingga wilayah yang belum support 3 G tidak akan mendapatkan akses internet yang bagus. Jika anda tinggal di kota besar di Indonesia , makan menggunakan modem GSM adalah pilihan yang terbaik, karena sebagian besar Wilayah Kota di Indonesia sudah Support 3 G. Tetapi jika anda tinggal di luar kota, maka pertimbangkan dahulu untuk menggunakan modem jenis ini.
2. Modem CDMA
Modem jenis ini yang saat ini saya gunakan walaupun saya tinggal di kota besar, tetapi saya sangat menyukai menggunakan modem CDMA karena hemat dan bagus. Di Indonesia hanya sedikit operator telepon yang menggunakan layanan berbasis CDMA. Modem jenis ini memiliki kekurangan yakni kecepatan internetnya hanya terbatas hingga 230 kbps . Tetapi disisi lain operator CDMA tidak menggunakan sistem kuota pada penggunanya, sehingga kita dapat memakai berapapun kuota internetnya tanpa mengalami pengurangan. Modem CDMA juga dapat berjalan dengan baik di kawasan 3 G maupun 2 G selama sinyal operatornya cukup baik. Dari pengalaman saya Modem jenis ini sudah lumayan bagus untuk berinternet seperti chating, dan ngeblog. Selain itu harga yang ditawarkan lebih murah hingga setengahnya jika dibandingkan dengan operator Modem GSM.
3. Modem EVDO
Modem EVDO memang baru saat ini, saya sendiri belum pernah menggunakan modem Jenis ini, Kalau menurut saya Modem jenis ini adalah gabungan antara Modem GSM dan CDMA, dimana Modem ini dapat mencapai kecepatan menyamai modem tetapi berjalan di operator CDMA sehingga lebih murah biayaya. Tetapi kekurangannya adalah modem jenis ini hanya dapat digunakan di kawasan yang sudah Support jaringan EVDO
Itulah beberapa cara memilih modem yang bagus dan berkualitas. Ada pula sebuah modem yang dapat menggunakan operator GSM ddna Operator CDMA secara bergantian, tetapi tentunya memiliki harga yang cukup tinggi.
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Reddit
Feed

Stickybar with social Plugins

Liked us?